KEUNGGULAN KOMPETITIF SISTEM INFORMASI
Untuk memahami pencapaian keunggulan
kompetitif harus didasari oleh pemahaman dasarnya terlebih dahulu. Point-point
dibawah ini akan sedikit menjelaskan bagaimana keunggulan kompetitif dari sistem
informasi yang nantinya akan diterapkan dalam bidangnya.
1.
Pendahuluan
Perusahaan
(organisasi) berusaha memperoleh keunggulan kompetitif dengan mengelola arus
sumberdaya (termasuk informasi.
Ketika manajer menyadari bahwa
informasi sebagai suatu sumberdaya strategis, mereka menetapkan berbagai
kebijakan untuk menerapkan sumberdaya tersebut secara strategis dan
menindaklanjutinya. Sehingga akan memberikan keyakinan bahwa kebijakan tersebut
dijalankan. Aktivitas tersebut dinamakan dengan manajemen sumberdaya informasi.
2. Perusahaan
dan Lingkungan Sekitarnya
Perusahaan
merupakan system terbuka, dalam arti berhubungan dengan lingkungannya. Sebuah perusahaan akan mengambil sumberdaya
dari lingkungan, mengubah sumberdaya menjadi produk dan atau jasa lalu
mengembalikannya ke lingkungan kembali.
Satu-satunya
sumberdaya yang menghubungkan perusahan dengan semua elemen lingkungannya,
yaitu informasi.
Dengan penggunaan sumberdaya
konseptual – data dan informasi – akan lebih unggul dalam persaingannya.
3. Peranan
Ti dalam Organisasi
Teknologi
informasi bagi organisasi atau perusahaan paling tidak memiliki tiga (3)
peranan utama, yaitu :
- Memperbaiki proses atau struktur di dalam
organisasi yang didalamnya membahas tentang pengumpulan, pengorganisasian,
pemilihan, pengolahan dan pendistribusian data dan informasi.
- Membuat hubungan antar/dengan organisasi
lain.
4.
Sumberdaya Informasi
Jenis-jenis sumberdaya informasi,
mencakup Perangkat keras computer, Perangkat lunak computer, Spesialis
informasi, Pemakai, Fasilitas, Database, dan, Informasi.
5.
Konsep
Manajemen Sumberdaya Informasi
Manajemen
sumberdaya informasi adalah aktivitas yang dijalankan oleh manajer pada semua
tingkatan dalam perusahaan dengan tujuan mengidentifikasi, memperoleh, dan
mengelola sumberdaya informasi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan
pemakai.
Semua rencana
strategis fungsional menjelaskan bagaimana sumberdaya informasi disediakan bagi
para pemakai pada semua tingkatan.
6.
Ikhtisar
Perusahaan dapat mencapai keungulan
kompetitif dengan memproduksi margin yang lebih besar dari pesaingnya. Margis
tersebut adalah nilai produk atau jasa dibandingkan biayanya.
Sekarang,
perusahaan lebih mengandalkan sumberdaya konseptual untuk mendapatkan
keunggulan kompetitif. Salah satu bentuk usaha yang dilakukan adalahnya dengan
digunakannya konsep marketspace.
Konsep tersebut memiliki perbedaan yang mendasar dengan konsep marketplace.
Pada marketspace mengutamakan informasi mengenai barang/jasa tersebut.
Ketika
perusahaan semakin banyak memperoleh sumberdaya informasi dan tersebar
diseluruh perusahaan, tugas manajemen sumberdya informasi menjadi lebih rumit. Untuk
itu diperlukan pemanfaatan sumber daya semaksimal mungkin sehingga informasi
yang dikelolah dapat terealisasi dengan baik.
Perencanaan Strategis Informasi
Berikut ini akan dijelaskan mengenai
beberapa elemen penting dalam strategi informasi yang memungkinkan proses
perencanaan strategi informasi dapat berkjalan dengan baik.
Ada 5 elemen
penting di dalam perencanaan strategis informasi anatara lain:
1. Perencanaan
Strategis Sumberdaya Informasi,
2. Perencanaan
Strategis Sumberdaya Keuangan,
3. Perencanaan
Strategis Sumberdaya Manusia,
4. Perencanaan
Strategis Sumberdaya Manufaktur, dan
5. Perencanaan
Strategis Sumberdaya Pemasaran.
Ketika jasa
informasi mulai mengembangkan rencana-rencana strategis, pendekatan yang
dianjurkan adalah dengan langkah 1 atau langkah 2.
Langkah
1 :
Mendasarkan
rencana tersebut sepenuhnya pada tujuan strategis perusahaan, yang disebut
dengan kumpulan strategi organisasi.
Langkah
2 :
Rencana jasa
informasi yang dibuat untuk mendukung tujuan perusahaan disebut kumpulan
strategi system infromasi manajemen terdiri dari sejumlah tujuan, kendala,
dan strategi.
Kedua
pendekatan tersebut dikenal dengan istilah transformasi kumpulan strategi.
Rencana perusahaan mencerminkan dukungan yang dapat disediakan oleh jasa
informasi, dan rencana jasa informasi mencerminkan kebutuhan dukungan system di
masa depan.
Proses dilalui
dengan langkah mengidentifikasi, menentukan, mendapatkan dan mengelola
sumberdaya informasi apa yang akan dibutuhkan di masa yang akan datang pada
perusahaan.
RANTAI
NILAI PORTER
Menurut
Porter, aktivitas utama dalam memproses masukan-masukan menjadi
keluaran-keluaran antara lain:
1. Inbound Logistics : adalah semua aktifitas yang
diperlukan untuk menerima dan mendistribusikan masukan-masukan, dan termasuk
pula hubungan dengan para pemasok.
2. Operasi : adalah semua aktivitas yang diperlukan untuk mentransformasikan
semua masukan menjadi keluaran.
3. Outbound Logistics : adlah semua aktivitas yang
diperlukan untuk mengumpulkan, menyimpan dan mendistribusikan keluaran.
4. Pemasaran dan Penjualan (Marketing and Sales) : adalah semua
kegiatan mulai dari menginformasikan para calon pembeli mengenai produk dan/
atau jasa, mempengaruhi mereka agar membelinya dan mengfasilitasi pembelian
mereka.
5. Pelayanan (Service) : meliputi semua aktivitas yang
diperlukan agar produk atau jasa yang telah dibeli oleh konsumen tetap berfungsi
dengan baik.
Adapun Aktivitas Sekunder antara
lain:
1. Pengadaan (Procurement) : adalah
pengadaan berbagai masukan atau sumber daya untuk suatu perusahaan/organisasi.
2. Manajemen SDM : meliputi segala aktivitas yang
menyangkut perekrutan, pemecatan, pemberhentian, penentuan upah dan kompensasi,
pengelolaan, pelatihan, dan pengembangan SDM.
3. Pengembangan Teknologi : menyangkut
masalah peralatan, perangkat keras, perangkat lunak, prosedur, dan pengetahuan
teknis yang digunakan dalam proses transformasi dari masukan menjadi keluaran
dalam suatu perusahaan/organisasi.
4. Infrastruktur : diperlukan untuk mendukung
keperluan-keperluan suatu perusahaan dan menyelaraskan kepentingan dari
berbagai bagian, yang terdiri dari departemen-departemen sebagai bagian akutansi,
hokum, keuangan, perencanaan, bagian umum, quality assurance, dan manajemen
umum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar