Peran Manajemen Dalam Komunikasi
11. Arti dan peran manajemen pada komunikasi
Hovland
menyatakan komunikasi adalah proses dimana seorang individu atau komunikator
mengoperasikan stimulus biasanya dengan lambang-lambang bahasa (verbal maupun
nonverbal) untuk mengubah perilaku individu lain.
Dari
definisi diatas, maka salah satu tujuan komunikasi adalah mengubah tingkah laku
individu. untuk mencapai itu harus melalui berbagai tahapan atau proses
komunikasi dengan pendekatan manajerial. Pendekatan manajemen dibutuhkan oleh
setiap organisasi karena tanpa manajemen semua usaha akan sia-sia dan
pencapaian tujuan akan lebih sulit.
Matrik hubungan fungsi manajemen dan unsur-unsur
komunikasi
Fungsi Manajemen
|
Unsur-Unsur Komunikasi
|
||||
Komunikator
|
Pesan
|
Media
|
Khalayak
|
Efek
|
|
Planning
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
Organizing
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
Actuating
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
Controlling
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
22. Manajemen Komunikasi
Manajemen
komunikasi adalah manajemen yang diterapkan dalam kegiatan komunikasi. Ini
berarti manajemen akan berperan atau sebagai penggerak aktivitas komunikasi
dalam usaha pencapaian tujuan komunikasi.
33. Manajer dan Manajemen Komunikasi
Dalam
konteks manajemen komunikasi, maka seorang manajer komunikasi juga harus mampu
melakukan proses manajemen untuk tercapainya tujuan komunikasi.
3 Peran
manager dari Schemerchon yaitu:
a.
Peran
Interpersonal
b.
Peran
Informasional
c.
Peran
Pengambilan Keputusan
Rober
L. Katz (dalam Schermerchon, 1999), menggolongkan ketrampilan dasar manajer,
yaitu:
a.
Ketrampilan
Teknis (Technical Skill)
Kemampuan untuk menggunakan keahlian khusus dalam melakukan tugas tertentu.
Seorang manajer komunikasi harus memiliki kemampuan dalam melakukan tugas
tertentu.
b.
Ketrampilan
Kemanusiaan (Human Skill)
Kemampuan untuk
bekerja sama dengan orang lain disebut Human Skill. Di tempat kerja, ketrampilan tersebut muncul dalam
bentuk rasa percaya, antusias, keterlibatan secara tulus dalam hubungan
interpersonal.
Tiga falsafah Human
Skill yang mendasari hubungan manusiawi oleh Keith Davis(Dalam Ruslan,
1999) :
1.
Mutual
interest (Kepentingan bersama)
2.
Human Dignity
(Harga diri)
3.
Perbedaan-perbedaan
pada individu.
c.
Ketrampilan
konseptual (Conceptual Skill)
Berhubungan dengan konsep dalam proses manajerial.
4. Beberapa Produk Manajemen Komunikasi
a.
Manajemen komunikasi untuk untuk bidang
jurnalistik
Jurnalistik merupakan salah satu jenis aktivitas
khas komunikasi yang lebih memusatkan perhatian pada cara mencari,
mengumpulkan, menyeleksi, dan mengolah informasi yang mengandung nilai berita,
serta menyajikannya kepada khalayak melalui media massa baik cetak maupun
elektronik.
b.
Manajemen komunikasi untuk bidang kehumasan
Kehumasan merupakan aktivitas komunikasi untuk
memasarkan dan menumbuhkan citra organisasi dengan memanfaatkan berbagai jenis
media sebagai saluran informasinya.
c.
Manajemen komunikasi untuk bidang penyiaran
Penyiaran berasal dari kata siar, yakni
pendistribusian informasi dengan menggunakan peralatan pemancar yang
dipancarkan dari suatu radio atau televisi.
d.
Manajemen komunikasi untuk bidang penyuluhan
Penyuluhan merupakan aktivitas komunikasi yang
mengelola informasi dengan tujuan untuk perubahan sikap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar