WELCOME IN MY BLOG

SEMOGA ARTIKEL YANG ADA DALAM BLOG INI DAPAT MENAMBAH WAWASAN ANDA...

Sabtu, 09 Maret 2013

Peran Manajemen Dalam Komunikasi


Peran Manajemen Dalam Komunikasi

11. Arti dan peran manajemen pada komunikasi
Hovland menyatakan komunikasi adalah proses dimana seorang individu atau komunikator mengoperasikan stimulus biasanya dengan lambang-lambang bahasa (verbal maupun nonverbal) untuk mengubah perilaku individu lain.

Dari definisi diatas, maka salah satu tujuan komunikasi adalah mengubah tingkah laku individu. untuk mencapai itu harus melalui berbagai tahapan atau proses komunikasi dengan pendekatan manajerial. Pendekatan manajemen dibutuhkan oleh setiap organisasi karena tanpa manajemen semua usaha akan sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit.

                              Matrik hubungan fungsi manajemen dan unsur-unsur komunikasi
Fungsi Manajemen
Unsur-Unsur Komunikasi
Komunikator
Pesan
Media
Khalayak
Efek
Planning
V
V
V
V
V
Organizing
V
V
V
V
V
Actuating
V
V
V
V
V
Controlling
V
V
V
V
V

22. Manajemen Komunikasi
Manajemen komunikasi adalah manajemen yang diterapkan dalam kegiatan komunikasi. Ini berarti manajemen akan berperan atau sebagai penggerak aktivitas komunikasi dalam usaha pencapaian tujuan komunikasi.


33. Manajer dan Manajemen Komunikasi
Dalam konteks manajemen komunikasi, maka seorang manajer komunikasi juga harus mampu melakukan proses manajemen untuk tercapainya tujuan komunikasi.

3  Peran manager dari Schemerchon yaitu:
a.       Peran Interpersonal
b.      Peran Informasional
c.       Peran Pengambilan Keputusan
Rober L. Katz (dalam Schermerchon, 1999), menggolongkan ketrampilan dasar manajer, yaitu:
a.       Ketrampilan Teknis (Technical Skill)
Kemampuan untuk menggunakan keahlian khusus dalam melakukan tugas tertentu. Seorang manajer komunikasi harus memiliki kemampuan dalam melakukan tugas tertentu.
b.      Ketrampilan Kemanusiaan (Human Skill)
Kemampuan untuk  bekerja sama dengan orang lain disebut Human Skill. Di tempat kerja, ketrampilan tersebut muncul dalam bentuk rasa percaya, antusias, keterlibatan secara tulus dalam hubungan interpersonal.

Tiga falsafah Human Skill yang mendasari hubungan manusiawi oleh Keith Davis(Dalam Ruslan, 1999) :
1.       Mutual interest (Kepentingan bersama)
2.       Human Dignity (Harga diri)
3.       Perbedaan-perbedaan pada individu.

c.       Ketrampilan konseptual (Conceptual Skill)
Berhubungan dengan konsep dalam proses manajerial.

4. Beberapa Produk Manajemen Komunikasi
a.      Manajemen komunikasi untuk untuk bidang jurnalistik
Jurnalistik merupakan salah satu jenis aktivitas khas komunikasi yang lebih memusatkan perhatian pada cara mencari, mengumpulkan, menyeleksi, dan mengolah informasi yang mengandung nilai berita, serta menyajikannya kepada khalayak melalui media massa baik cetak maupun elektronik.
b.      Manajemen komunikasi untuk bidang kehumasan
Kehumasan merupakan aktivitas komunikasi untuk memasarkan dan menumbuhkan citra organisasi dengan memanfaatkan berbagai jenis media sebagai saluran informasinya.
c.       Manajemen komunikasi untuk bidang penyiaran
Penyiaran berasal dari kata siar, yakni pendistribusian informasi dengan menggunakan peralatan pemancar yang dipancarkan dari suatu radio atau televisi.
d.      Manajemen komunikasi untuk bidang penyuluhan
Penyuluhan merupakan aktivitas komunikasi yang mengelola informasi dengan tujuan untuk perubahan sikap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar