WELCOME IN MY BLOG

SEMOGA ARTIKEL YANG ADA DALAM BLOG INI DAPAT MENAMBAH WAWASAN ANDA...

Sabtu, 09 Maret 2013

Definisi Pasar, Segmentasi Pasar, Perilaku Konsumen, dan Strategi Pemasaran


Definisi Pasar
Dalam pengertian yang sederhana atau sempit pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli (penjualan dan pembelian) yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu.
Definisi pasar secara luas menurut W.J. Stanton adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan, uang untuk belanja serta kemauan untuk membelanjakannya.

a.      Pengertian secara sempit
Pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transasksi jual beli dan jasa.
 
b.      Pengertian secara luas
Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membli barang dengan harga tertentu.
 

Menurut William J. Stanton (1993:92) pasar dapat didefinisikan sebagai berikut :
“Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya”.
Dari definisi diatas terdapat 3 unsur penting didalam pasar yaitu :
1.    Orang dengan segala keinginannya
2.    Daya beli mereka
3.    Kemauan untuk membelanjakannya

Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah proses pembagian pasar keseluruhan menjadi kelompok-kelompok pasar yang terdiri dari orang-orang yang secara relatif memiliki kebutuhan produk yang serupa.
Maksudnya adalah untuk merancang suatu bauran pemasaran (atau lebih) yang secara tepat sesuai dengan kebutuhan para individu dalam segmen (atau segmen-segmen) pasar yang dipilih.
Pengertian lainnya adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu produk dan jasa yang bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, di mana masing-masing segmennya cenderung bersifat homogen dalam segala aspek.

Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan,serta pengevaluasian  produk dan jasa demimemenuhi kebutuhan dan keinginan.
Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.

Strategi Pemasaran
Strategi adalah rencana tindakan yang luas dengan mana sebuahorganisasi bermanfaat untuk mencapai tujuan.
 Menurut Drucker, strategi adalah mengerjakan sesuatu yang benar (doing the right things).
Menurut Karl Von Clausewitz, Strategi adalah suatu senimenggunakan pertempuran untuk memenangkan suatu perang.Pemasaran adalah sebuah sistem dari kegiatan-kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, memberi harga, mempromosikandan mendistribusikan jasa serta barang-barang pemuas keinginan pasar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar