Definisi Pasar
Dalam pengertian yang sederhana atau sempit pasar
adalah tempat terjadinya transaksi jual beli (penjualan dan pembelian) yang
dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu.
Definisi pasar secara luas menurut W.J. Stanton adalah
orang-orang yang mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan, uang untuk
belanja serta kemauan untuk membelanjakannya.
a. Pengertian secara sempit
Pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transasksi jual beli dan jasa.
Pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transasksi jual beli dan jasa.
b. Pengertian secara luas
Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membli barang dengan harga tertentu.
Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membli barang dengan harga tertentu.
Menurut William J. Stanton
(1993:92) pasar dapat didefinisikan sebagai berikut :
“Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang
untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya”.
Dari definisi diatas terdapat 3 unsur penting didalam
pasar yaitu :
1.
Orang dengan segala keinginannya
2.
Daya beli mereka
3.
Kemauan untuk membelanjakannya
Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah proses pembagian pasar
keseluruhan menjadi kelompok-kelompok pasar yang terdiri dari orang-orang yang
secara relatif memiliki kebutuhan produk yang serupa.
Maksudnya adalah untuk merancang suatu bauran
pemasaran (atau lebih) yang secara tepat sesuai dengan kebutuhan para individu
dalam segmen (atau segmen-segmen) pasar yang dipilih.
Pengertian lainnya adalah proses membagi pasar
keseluruhan suatu produk dan jasa yang bersifat heterogen ke dalam beberapa
segmen, di mana masing-masing segmennya cenderung bersifat homogen dalam segala
aspek.
Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang
berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan,serta pengevaluasian produk dan jasa demimemenuhi kebutuhan dan keinginan.
Perilaku konsumen merupakan hal-hal
yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement)
proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement)
proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
Strategi Pemasaran
Strategi adalah rencana tindakan yang luas
dengan mana sebuahorganisasi bermanfaat untuk mencapai tujuan.
Menurut
Drucker, strategi adalah mengerjakan sesuatu yang benar (doing the right things).
Menurut Karl Von Clausewitz, Strategi adalah
suatu senimenggunakan pertempuran untuk memenangkan suatu perang.Pemasaran
adalah sebuah sistem dari kegiatan-kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan,
memberi harga, mempromosikandan mendistribusikan jasa serta barang-barang
pemuas keinginan pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar